Thursday, October 4, 2012

Budaya Melayu

Berbicara tentang budaya melayu saat ini terasa sulit sebab agak susah membedakannya dan dimana tanda -tanda yang menunjukkan serta sebagai melambangkannya tidak begitu nyata terutama terkesan pada person - personnya.

Kemungkinan judul tulisan inipun kurang tepat karena bukan tergantung pada budaya melainkan pada orang - orangnya.

Kesan melayu itu kelihatan dan kedengaran pada busana atau kostum dan lagu - lagu dendang melayu serta beristri lebih dari satu itupun terdapat juga pada yang non melayu bahkan jika dibilang bukan melayu langsung tersinggung.

Bagi yang tidak mampu berkeinginan untuk dapat memajukan serta melestarikannya malah yang mampu tidak punya keinginan sebab tidak menguntungkan.

Jika kita hendak berbuat menunggu bantuan dari Pejabat atau Kepala Daerah, itu sulit dan tidak murni dan berakibat sama-sama tidak murni juga, andaipun ia itu cuma lips service apalagi kalau sudah tidak punya kepentingan.

Melihat keadaanya ... MABMI perlu bekerja keras dan tidak hanya berpangku tangan cuma menyandang predikat saja dan jadi pelengkap pihak atau golongan tertentu.

Semoga para pemuda - pemudi melayu dapat bangun dan maju tidak hanya dalam nyanyian dan pantun saja. ( teristimewa untuk kita yang di Batu Bara ini ).